5 Peralatan Dapur Penting, Berguna untuk Pemula Masak atau Pengantin Baru

Dapur baru perlu diisi dengan peralatan yang mendukung kegiatan masak. Kamu bisa mencicil satu persatu barang untuk mengisi dapur.  Namun demikian, ada 5 peralatan dapur yang akan sangat berguna untuk menjadi modal awal memasak, khususnya bagi pemula atau pengantin baru.

Daftar alat dapur atau peralatan rumah tangga berikut ini juga bisa jadi ide hadiah untuk teman yang akan menikah.

1.  Wajan tahan karat Melansir Bonapettit, ada beberapa bahan wajan yang bisa dipertimbangkan untuk dibeli, yaitu wajan baja tahan karat (stainless steel), wajan besi cor (iron cast), atau wajan anti lengket. Baca juga: Mengapa Masak Pakai Wajan Cekung Lebih Enak? Kuncinya di Wok Hei Tiga jenis wajan tersebut terbilang memiliki bahan yang awet dalam waktu lama. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan cara merawat wajan tersebut.

2. Pisau koki Pisau koki atau pisa berkualitas baik dengan standar yang dipakai para koki akan sangat dibutuhkan dalam memasak. Pisau koki bisa digunakan sebagai alat potong yang sangat dasar untuk semua jenis bahan makanan. Harga pisau koki lebih mahak ketimbang pisau dapur biasa, tetapi kualitasnya terjamin.

3. Talenan adalah alat dasar untuk memasak. Pilih talenan yang berbahan dasar kayu keras dan agak tebal. Ada pula jenis talenan lain yang bisa dipertimbangkan, yaitu talenan bambu, karet, dan plastik. Jenis talenan plastik mungkin akan membuat pisau menjadi cepat tumpul tapi akan sangat mudah dibersihkan sehabis digunakan sebagai alas potong daging. Sesuaikan juga ukuran talenan jangan terlalu kecil maupun terlalu besar, yang berukuran sedang akan lebih fungsional.

4. Baki atau nampan lebar Baki lebar akan berguna untuk menaruh makanan yang akan dimasak. Pilih pula baki yang berbahan aman dan tahan panas, sehingga bisa pula dipakai untuk memanggang.

5. Pemasak lambat (slow cooker) atau panci presto Pemasak lambat bisa dipakai untuk memasak makanan yang butuh waktu masak dalam tempo lama tanpa membuat bumbu masakan jadi kering.  Sebaliknya, ada panci presto yang bisa membuat bahan makanan jadi cepat empuk dalam waktu singkat.

Meskipun keduanya sama-sama punya fungsi membuat masakan jadi empuk, tetapi ada perbedaan tergantung kebutuhan. Ketahui kebutuhan masak anda dan peralatan dapur sebelum membeli peralatan ini. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Next Post

Grand Forks' Elite Carpet Cleaning serves broad range of customer needs - Grand Forks Herald

Tue Apr 26 , 2022
GRAND FORKS – Maintaining a clean carpet doesn’t just improve a home’s appearance — it also makes for a healthier environment, said Joey Dalzell, manager at Elite Carpet Cleaning in Grand Forks. “We’re one of the few businesses that do everything – from carpets to tile and grout, upholstery, cars, […]
Grand Forks’ Elite Carpet Cleaning serves broad range of customer needs – Grand Forks Herald

You May Like